Sabtu, 15 Februari 2014

Pengertian web, internet dan blog



TUGAS TEKNOLOGI INFORMASI



Disusun oleh :
                     Viona Daisy
P27226013111



JURUSAN FISIOTERAPI
PROGRAM STUDI DIPLOMA III FISIOTERAPI
POLITEKNIK KESEHATAN SURAKARTA
SURAKARTA
2014
1.       INTERNET  
Pengertian internet  adalah secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments).
Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH.
Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia.
Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.
Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella. Tokoh penting dalam internet adalah Timothy Berners Lee pencipta WWW (World Wide Web) dan Roy Tomlinson pencipta @ (at) pada alamat surat e-mail.
2.      BLOG
Blog merupakan singkatan dari “web log” yang merupakan sebuah web namun sederhana. Web ini mampu memuat tulisan- tulisan, gambar atau sering dikenal dengan istilah posting. Posting di blog artinya kita mengisi blog kita dengan tulisan ataupun gambar yang bersifat informasi, hiburan, penawaran bisnis, iklan, dan banyak lagi.

            Blog pertama kali di populerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab yang kemudian diambil oleh om Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu banyak terdapat aplikasi – aplikasi yang diperuntukkan terhadap perkembangan para penulis blog

            Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam , blog bisa dijadikan media publikasi, media iklan, penawaran bisnis perusahaan, catatan harian dll. Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis, namun ada juga yang dikerjakan oleh sebuah tim. Seperti blog ini, agar hasil postingan maksimal. Karena kerja tim itu lebih baik daripada kerja sendiri, apalagi dalam bidang jasa pembuatan blog. Agar order lebih maksimal tentunya

            Di dunia maya banyak sekali blog – blog yang secara gratis bisa anda miliki, dengan fitur - fitur yang berbeda, namun juga memiliki kelemahan dan keunggulan masing – masing. Dari situlah anda harus bisa memilih blog mana yang paling bagus.

Berikut ini beberapa blog yang cukup populer:
1.      Blogspot atau blogger yang merupakan penyedia blog paling laris saat ini       karena bisa dimodifikasi seperti web yang berbayar. Namun anda harus bersabar karena membutuhkan banyak latihan.
2.      Wordpress keungulanya tampilannya begitu buat langsung bagus namun tidak dapat dipasangi iklan. Dan kurang suport untuk mesin pencari seperti google. Meskipun memiliki meta taq otomatis.
3.      Multiply merupakan blog situs jejaring social





3.      WEBSITE
Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.

4.      HOSTING
Hosting adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain. Sedangkan hosting itu sendiri adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.
Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Jenis – Jenis Hosting yang Ada :
1.      Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.
2.      VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
3.      Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
4.      Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

5.      DOMAIN
Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contoh : http://www.baliorange.net
Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di lepas lagi ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut.
Secara umum domain dibagi menjadi dua yaitu :

1.      Generic Top Level Domains (gTLD’s)domain ini merupakan domain yang global yang berarti domain ini boleh digunakan oleh siapa saja dan di negara manapun. Yang termasuk ke dalam kategori ini diantaranya adalah :
v  .biz         : di gunakan untuk kepentingan Bisnis.
v  .com       : sebenarnya untuk organisasi komersial, namun karena kurangnya penegakan hukum akhirnya domain ini dibebas-gunakan.
v  .edu        : digunakan untuk website pendidikan, terbatas hanya untuk pendidikan.
v  .info       : digunakan untuk website informasional.
v  .name     : digunakan untuk kepentingan keluarga atau personal.
v  .net         : awalnya digunakan untuk kepentingan network infrastruktur, tetapi domain ini bernasib sama seperti domain .com
v  .org        : di gunakan untuk kepentingan organisasi. domain ini bernasib sama seperti domain .com dan .net

2.      Country Code Top Level Domains (ccTLD’s), merupakan Top-Level domain yang disediakan khusus untuk suatu negara.
Berikut ini merupakan domain khusus untuk negara indonesia diantaranya adalah :
v  .or.id    : digunakan untuk organisasi
v  .co.id   : digunakan untuk organisasi komersial
v  .go.id   : digunakan untuk untuk website pemerintahan
v  .ac.id   : digunakan untuk website perguruan tinggi
v  .sch.id  : digunakan untuk website sekolah
v  .net.id  : digunakan untuk website Internet Provider
v  .web.id: digunakan untuk umum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar